Senin, 21 Maret 2016

PELANTIKAN PRAMUKA 2016

Pada hari Sabtu kemarin, tanggal 27 Februari, siswa-siswi kelas 7 mengikuti pelantikan Pramuka untuk menjadi Penggalang Ramu di Studio Alam TVRI, Depok. Dimulai dengan apel pembukaan dan pengabsenan anggota di Hall Masjid SMP pada pagi hari. Setelah semuanya telah bersiap-siap, seluruh regu naik ke tronton. Pada saat itu, regu saya menumpangi tronton 4 bersama 4 regu lain, dan karena trontonnya sempit, saya dan wakil regu saya duduk di samping tempat duduk supir. Waktu perjalanan yang ditempuh kira-kira 1 setengah jam.

Kami kira-kira sampai di lokasi jam 9. Selanjutnya kami melakukan apel dan persiapan. Para ketua regu dikumpulkan untuk diberi pengarahan oleh kakak pembina. Setelah itu kami diberikan tugas tertulis yang harus diselesaikan secara kelompok. Kelompok yang sudah selesai mengerjakan soal-soal tersebut boleh melaksanakan Wide Game duluan. Setelah regu saya selesai menjawab soal-soal yang diberikan, kami langsung memulai Wide Game. 

Di pos pertama yang kami mampiri kami diberi tugas dari KP untuk melafalkan dan menjelaskan kode kehormatan pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma. Di pos kedua, kami diberikan materi semafur dan regu pertama yang dapat menjawab kata yang disandikan oleh bendera semafur dapat melanjutkan ke pos berikutnya. Setelah menjawab sandi tersebut, kami jalan ke pos 3 dan di pos ini kami harus membuat tandu dari 2 tongkat pramuka dan tali tambang dan di pos 4 kami mengamil satu anggota kelompok untuk menjadi “korban” yang harus diangkut dengan tandu yang sudah dibuat. Setelah pos 4 selesai kami memutuskan untuk beristirahat sebentar dan melanjutkan ke pos 5 yaitu PBB. Setelah pos 5 selesai, kami mengerjakan soal tentang sandi dan morse lalu mengumpulkannya. Lalu kami melakukan shalat zuhur dan jama’ ashar.

Setelah shalat, kami menggelar tikar yang telah dibawa oleh regu masing-masing dan makan siang bersama. Setelah itu seharusnya kami melakukan Scouting Skill dengan membuat tiang bendera dari tongkat dan tali tetapi karena waktunya tidak cukup akhirnya kami tidak jadi melakukannya. Setelah itu kami melakukan latihan upacara pelantikan dan saat semuanya sudah siap, upacara pelantikan pun dimulai. Setelah itu ada performance dari peserta lomba semafur yang telah juara. Sehabis itu kami bersiap-siap pulang ke Labschool dan langsung berangkat menuju Jakarta. Setelah sampai di sekolah, siswa-siswi boleh segera pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar