Minggu, 03 April 2016

Ekstrakulikuler

Ekskul adalah kegiatan wajib di SMP Labschool. Di sekolah ini ada ekskul yang wajib yaitu Pramuka dan ekskul pilihan. Ekskul pilihan tersebut dibagi menjadi tiga kategori, Ekskul Keilmuan, Ekskul Kesenian, dan Ekskul Olahraga. Para siswa boleh memilih satu sampai tiga ekskul pilihan yang diminati. Saya memilih Ekskul Bahasa Jepang.

Ekstra Kulikuler Bahasa Jepang atau yang biasa disebut Eksul Bajep adalah salah satu ekskul yang dilaksanakan setiap hari Jumat di kelas 7A dan berlangsung selama 1 jam; jam satu sampai jam dua untuk kelas 7, dan jam dua sampai jam tiga untuk kelas 8, tetapi terkadang kelasnya digabung. Ekskul Bajep ini kira-kira terdapat 19 siswa kelas 7 dan (kurang lebih) 10 siswa kelas 8. Ekskul Bajep ini dibina oleh Miss Alpiah yaitu guru Bahasa Inggris SMP Labschool dan dibimbing oleh Bu Ani, yang juga adalah guru prakarya SMA Labschool.

Karena ini adalah kelas bahasa jepang, kami memanggil pembimbing kami dengan sebutan ‘Ani Sensei’ karena ‘sensei’ adalah bahasa jepang dari ‘guru’. Kami, siswa bajep kelas 7 memanggil murid kelas 8 dengan sebutan ‘senpai’ yang artinya kakak kelas. Dan juga sebaliknya, murid kelas 8 memanggil adik kelas 7 dengan sebutan ‘kouhai’ yang artinya adik kelas.


Sejauh ini, kami sudah mempelajari tentang cara memperkenalkan diri, kalimat-kalimat basic, angka, harga, tanggal, anggota keluarga dan masih banyak lagi. Selain belajar, kami juga pernah menonton film seperti Anime dan film bergenre ‘Gore’. Biasanya kami menonton film jika sensei-nya berhalangan tidak datang atau jika kami harus mempelajari kalimat-kalimat yang diomongin oleh aktor film-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar